Bupati Sutan Riska Hadiri Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2024.

  • Bagikan

Dharmasraya-Sumatera Barat, Faktahukum86.com — Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Kerajaan yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Lasmita menghadiri sekaligus memberi sambutan pada Kegiatan Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024, di Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Kamis (30/05/2024)

Kegiatan turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Riska, Kepala Dinas PMD, Hasto Kuncoro, Kepala OPD, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Provinsi, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Lasmita mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak khususnya kepada keluarga besar TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Wali Nagari Tebing Tinggi, dan Ketua TP PKK Nagari Tebing Tinggi dan jajarannya. Atas terlaksananya penilaian hari ini, dimana persiapan menjelang penilaian yang luar biasa. Dengan segala kondisi cobaan dan rintangan.

“Dan ini adalah salah satu hal yang merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi yang baik, dari seluruh unsur TP PKK Kabupaten, kecamatan maupun nagari. Untuk itu, teruslah pupuk dan jalin hal hal baik yang telah berjalan. Sehingga TP PKK Kabupaten Dharmasraya dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dharmasraya,” kata Lasmita.

“Tim penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam dalam pembangunan dan memberdayakan masyarakat. PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar, dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga,” lanjutnya

“Karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan. Keluarga juga sebagai lingkungan social pertama dalam kehidupan manusia, dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di Kabupaten Dharmasraya,” harapnya lagi.

Selanjutnya Ia menerangkan, khusus di Kabupaten Dharmasraya, pembangunan saat ini menitikberatkan pada keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan itu sendiri. Dan melalui gerakan PKK dengan program program pokoknya, dapat berbuat lebih dengan menghadirkan kegiatan kegiatan yang produktif dan inovatif.

Sedangkan menurut Ketua TP PKK Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, mengatakan, bahwa gerakan PKK sangatlah strategis dalam upaya memberdayakan masyarakat. Dimulai dari pemberdayaan diri sendiri, memberdayakan keluarga, memberdayakan masyarakat yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi. Baik langsung maupun tidak langsung, dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

“Penilaian ini dapat dijadikan sebagai momen untuk silaturahmi sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program-program selama ini. TIdak hanya berfokus kepada predikat juara, hasil yang diharapkan adalah realisasi dari 10 program PKK dalam menjadikan keluarga-keluarga sejahtera sebagai unit terkecil dari masyarakat. Tempat dimulainya revolusi mental serta wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter,” kata Dewi.

Oleh karena itu, dengan semangat yang sama hendaknya kita kembali membudayakan gotong royong di tengah tengah masyarakat. Sehingga masyarakat dan pemerintah dapat bersama-sama saling bahu membahu untuk bangkit di masa masa yang cukup sulit saat ini, demi mewujudkan Kabupaten Dharmasraya yang maju mandiri dan berbudaya.

# *******

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *