HOAX !!! SPBU di Barsel Diduga Layani Penjualan BBM Subsidi Menggunakan Dirigen

  • Bagikan

Buntok. faktahukum86.com – Adanya pemberitaan di salah satu media online dengan judul berita ‘SPBU di Barsel Diduga Layani Penjualan BBM Subsidi Menggunakan Dirigen’ dibantah oleh pihak SPBU.

Menurutnya berita tersebut adalah tidak benar alias hoax. Pasalnya pihak kepolisian telah turun langsung ke lapangan mengecek SPBU-SPBU yang ada di Barito Selatan.

Tini Rusdihatie melalui Kuasa Hukumnya Susilayati, SH, MH kepada sejumlah wartawan di rumah makan Padang, Jalan Merdeka Raya Buntok mengatakan, menyikapi berita tersebut, kita telah dipanggil oleh pihak Kepolisian. Informasi dari kepolisian setelah dilakukan pengecekan di semua SPBU, ternyata hasilnya tidak ada bukti seperti apa yang diberitakan.

“Sehingga ini termasuk pencemaran nama SPBU, karena apa yang diberitakan itu tidak benar termasuk berita hoax. Jadi kami menyarankan untuk si pembuat berita jangan lagi membuat berita seperti itu karena itu adalah hoax dan juga kepada oknum-oknum penyebar berita tersebut di kemudian hari jangan lagi langsung ikut menyebarluaskan berita seperti itu, yang belum diketahui kebenarannya”, ujar Susi.

Ditambahkan Susi, harus diteliti dan ditelaah terlebih dahulu. Apakah berita itu benar atau tidak atau hoax, punya bukti yang kuat atau tidak, sebelum disebarluaskan. Kalau tidak ada bukti yang kuat tentu ada sanksinya kalau diajukan ke ranah hukum. Baik si pembuat berita maupun penyebarluasnya. Karena ikut menyebarluaskan berita yang tidak benar oleh karena itu hati-hatilah.

“Karena kalau memberitakan berita yang tidak benar maka ada pihak yang dirugikan yaitu orang yang bersangkutan. Oleh karena itu kita minta kepada rekan-rekan kita sendiri wartawan agar berhati-hati menulis berita jangan sampai berita yang disajikan tidak benar. Kemudian hati-hati juga kepada yang ikut menyebarluaskan berita tersebut”, ucapnya.

Susi menambahkan, terkait dengan hal itu sudah ada pemeriksaan dari pihak kepolisian, dan berita itu tidak benar pihak SPBU melayani pembeli dengan dirigen. Kalau dilihat dari foto yang disajikan dalam berita tersebut maka ujung nozzle SPBU tersebut ke tangki sepeda motor bukan ke dalam dirigen.

“Pihak dari kepolisian sudah turun ke lapangan mengecek kebenaran berita tersebut, ternyata tidak benar mengisi ke dalam jerigen”, tutupnya. (Sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *