Bank Indonesia Beri Edukasi Penggunaan Qris Lingkup Pemkab Barito Selatan

  • Bagikan

Buntok. faktahukum86.com – Bank Indonesia Cabang Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Selatan beri edukasi penggunaan quick response Code Indonesia Standart (Qris). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Barito Selatan, Rabu, 28 Februari 2024, dengan peserta yang terdiri dari bendahara penerima, bendahara pengeluaran, dan bendahara pengeluaran pembantu di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Barito Selatan.

Usai kegiatan kepada sejumlah wartawan Manajer Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kalimantan Tengah Rudiansyah mengatakan, kegiatan ini dalam rangka sosialisasi Qris. Sekarang ini memang sudah era digital. Jadi kenapa digital sistem pembayaran kita ini. Karena lebih efisien semuanya dan lebih mudah.

“Jadi baik di masyarakat maupun pemerintah kita mendorong untuk transaksi ini menggunakan digital. Qris Ini hanya salah satu kanal untuk pemerintah daerah
Selain menggunakan qris sebenarnya ada banyak. Ada yang menggunakan mobile banking dan lain sebagainya. Salah satu Qris, kenapa kita dorong, karena yang paling mudah untuk pembuatan instrumen adalah Qris. Jadi Qris paling mudah dalam hal pembuatannya”, ujar Rudiansyah.

Ditambahkannya, jadi kalau pemerintah daerah ingin cepat pembuatannya dan dengan digital ini juga nanti semuanya bisa lebih transparan, bisa lebih akuntabel. Kalau lebih transparan biasanya masyarakat lebih percayalah, yang mungkin tadinya ragu-ragu, dengan digital lebih transparan. Sehingga harapannya masyarakat lebih bisa membayar, apakah pajak, retribusi dengan lebih tepat waktu dan lebih cepat semuanya.

Sementara Kabid Pengembangan Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) BPKAD Barsel Agus Sabintir mengatakan, dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan sangat mengapresiasi dari Bank Indonesia
yang perkenalkan tentang Qris kepada masyarakat Barito Selatan khususnya di Pemerintah Kabupaten Barito Selatan

Dikatakan Agus, hal ini sangat bermanfaat sekali, salah satunya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya dari kegiatan-kegiatan seperti misalnya pajak, retribusi dan kegiatan kegiatan wisata atau segala macam. Sangat memudahkan pelayanan, memudahkan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam hal ini meningkatkan pendapatannya. (Sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *