Tradisi Potong Pantan Sambut Kunker Kapolda Kalteng di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus

  • Bagikan

Buntok. faktahukum86.com – Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) beserta rombongan di Polres Barito Selatan (Barsel) disambut dengan tradisi Potong Pantan, Selasa (16/1/2024) siang.

Dalam prosesi penyambutan Kunker Kapolda Kalteng di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, dilaksanakan di depan pintu gerbang Mapolres Barsel dan disambut langsung Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K.

Seperti yang diketahui, Pulau Kalimantan memiliki berjuta kekayaan budaya yang unik dan menarik, salah satunya tradisi potong pantan.

Dikutip dari artikel betangTv, potong pantan memiliki makna ungkapan rasa bangga dan sukacita, serta simbol dari upaya untuk menghalau firasat buruk dan segala sesuatu yang dapat menjadi penghalang atau rintangan.

Tradisi potong pantan diselenggarakan dengan harapan supaya para tamu yang memotong pantan akan selalu mendapat perlindungan dari Sang Pencipta Alam Semesta atau Yang Maha Kuasa.

Para tamu tersebut diharapkan akan dianugerahi kesehatan, umur panjang, rezeki yang berlimpah dan kesuksesan dalam melaksanakan tugasnya.

“Selamat datang di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus Bapak Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto bersama Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng Ny. Irna Djoko beserta rombongan,” kata Kapolres.

Setelah dilakukan prosesi penyambutan secara adat, dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan dan jabat tangan mulai dari unsur Forkopimda, para pejabat utama Polres, personel serta Bhayangkari sekaligus perkenalan. (Sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *