Harus Dilakukan Seleksi Kepada Calon Penerima Beasiswa Daerah

  • Bagikan

Buntok. faktahukum86.com – Anggota DPRD Barsel Hermanes mengatakan, agar Dinas Pendidikan Barsel benar-benar melakukan seleksi untuk calon penerima beasiswa, dari Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan yang telah dianggarkan pada tahun 2024 ini, baik itu beasiswa luar negeri yakni ke Kairo Mesir Kairo dan Baijing China dan juga beasiswa di beberapa perguruan tinggi negeri di dalam negeri.

“Karena pada tahun 2024 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan telah menganggarkan untuk beasiswa, baik itu keluar negeri maupun dalam negeri. Diharapkan Dinas Pendidikan Barsel betul-betul melakukan seleksi. Agar dibentuk tim seleksi yang benar-benar bertugas memberikan beasiswa kepada para siswa lulusan SMA atau siswa SLTA yang akan lulus tahun ini, yang mampu dan sanggup menjalankan tugas pendidikan tersebut”, ujar Harmanes kepada media ini di gedung wakil rakyat, Jumat, 12 Januari 2024.

Artinya tambah Hermanes, para penerima beasiswa itu benar-benar mampu secara akademis, jangan sampai putus ditengah jalan karena ketidakmampuan. Meskipun beasiswa itu adalah beasiswa untuk keluarga kurang mampu tetapi harus diuji pula kemampuan akademiknya. Jangan sampai penerima beasiswa tersebut tidak mampu melaksanakan pendidikan mereka atau menyelesaikan pendidikan mereka. Artinya mereka punya tekat dan keinginan yang kuat untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Dikatakannya, beasiswa tersebut merupakan beasiswa, ada yang beasiswa prestasi di bidang akademik adapula beasiswa prestasi di bidang lainnya seperti seni budaya, olahraga, keagamaan dan lain sebagainya, tetapi harus ditunjang pula dengan nilai akademik mereka yang cukup

“Kemudian kalau ada beasiswa prestasi tentunya mereka benar-benar diseleksi berdasarkan prestasi mereka. Jadi Dinas Pendidikan Barito Selatan harus membentuk tim seleksi terlebih dahulu yang akan mengatur secara secara teknis, bagaimana lulusan SLTA/siswa SLTA kelas 3, mendapatkan beasiswa tersebut. Jangan asal comot saja ujungnya mereka langsung dapat beasiswa. Tapi yang kita harapkan adalah ada seleksi yang dilakukan oleh instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Barito Selatan. Sehingga yang dikirim untuk menyelesaikan studi dengan beasiswa dari Pemerintah Daerah betul-betul mampu mengemban tugas mereka dengan baik”, tutup Hermanes. (Sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *