Hut Kemerdekaan RI Ke 76, Gerai Vaksinasi Sejumlah Lansia Dan Disabilitas

  • Bagikan

FAKTAHUKUM86.COM | JAKARTA  РSejumlah lansia dan disabilitas yang belum divaksin di gerai vaksinasi merdeka karena keterbatpasan, dibuatkan terobosan inisiasi oleh Kapolsek Sawangan AKP Mochamad Meltha Mubarak dan relawan tenaga kesehatan dengan cara membuat program door to door mendatangi rumah warga berdasarkan koordinasi dengan pengurus RW untuk yang belum divaksin.

“Pelaksanaan vaksin dari awal sudah kita lakukan mulai dari gerai vaksin presisi, lalu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 mulai dari 1 Agustus 2021 membuka gerai vaksin merdeka,” ujar AKP Mubarak kepada saat melakukan jemput bola vaksin ke pemukiman Perumahan Sawangan Permai, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan Kota Depok, Rabu (11/8/2021) siang.

Perwira jebolan Akpol 2010 ini mengungkapkan dengan door to door ke rumah warga yang memiliki keterbatasan seperti lansia dan disabilitas adalah merupakan sebagai salah satu pelayanan prima dari Polsek Sawangan.

“Ditengah gencar-gencarnya pemberian vaksin dalam mencapai target vaksinasi massal dari pemerintah sejuta vaksin sehari, salah satu inovasi jemput bola yang bekerjasama dengan Nakes relawan dari Polsek Sawangan bisa memaksimalkan vaksin warga yang belum bisa divaksin,” ungkapnya.

Mantan Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren Jakarta Barat ini menambahkan dari hasil penelusuran rumah ke rumah bersama para tenaga kesehatan ke lokasi Perum Sawangan Permai dari 20 orang yang ditargetkan divaksin hanya ada sebagian orang yang berhasil divaksin karena alasan kesehatan.

“Rata-rata warga yang tidak bisa divaksin mempunyai penyakit ko morbid atau penyakit turunan seperti asma, darah tinggi, dan diabetes,” menurut penjelasan nakes.

Selain itu selama vaksinasi merdeka berjalan, lanjut AKP Mubarak, tercatat sudah ada sekitar 5.000 orang sudah divaksin di kawasan sawangan dan bojongsari,

“Kita membuka gerai vaksin merdeka di rumah Joglo Kelurahan Bojongsari Baru. Masyarakat yang belum divaksin bisa langsung datang ke rumah Joglo dan divaksin hanya menunjukan kartu Identitas E-KTP,” tutupnya.

“Kita harapkan warga Sawangan dan Kecamatan Bojongsari sudah divaksin semua. Sehingga tercipta herd imuniti dalam memutus penularan mata rantai Covid-19 dan dapat mengembalikan perekonomian warga juga.”

Terpisah Evi Indrasanti, 73, warga Perumahan Sawangan Permai Blok F11, merasa sangat sekali ingin divaksin namun tidak bisa setelah di screening oleh tenaga kesehatan relawan Polsek Sawangan.

“Awalnya sudah senang saja ada anggota Polsek Sawangan bersama tenaga kesehatan yang hadir dibawa untuk dapat divaksin namun setelah di screning ternyata tidak bisa karena masih ada penyakit asma dan darah tinggi,” ujarnya kepada wartawan di rumahnya.

Evi menyebutkan seluruh keluarga dan anak sudah divaksin semua. “Hanya saya saja yang belum divaksin. Pengen sekali divaksin bisa keluar rumah dan aman juga,” tutupnya. (Khnza)

Penulis: KHANZA | KORLIP JABODETABEK Editor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *