Kurang lebih 10 hektar lahan kosong dan lahan gambir. Di lalap sijago merah

  • Bagikan

FAKTAHUKUM86.COM |PESISIR SELATAN – Dua unit mobil pemadam kebakaran Pol PP dan Damkar, Lengayang dan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, bersama anggota Polsek Batang Kapas, dan masyarakat berjibaku memadamkan kobaran api melahap lahan gambir, serta lahan kosong seluas kurang lebih 10 hektar.

Lahan gambir dan lahan kosong berada di Bukit Taratak Pinggir jalan raya kampung Ujuang Batu, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (30/7/2021) sekitar pukul 14.00 Wib diketahui salah seorang warga.

Mendapatkan informasi kebakaran lahan, Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita dan anggota, Danramil 05 Batang Kapas Kapten Warsidi, Wali Nagari Taluak dan masyarakat langsung mendatangi lokasi kebakaran. Hingga mobil 2 unit mobil Damkar Pessel datang kelokasi.

Tiupan angin serta kondisi lahan yang muda terbakar, membuat api cepat membesar. Hingga akhirnya meluas.

Kapolsek Batang Kapas Iptu Asma Derita menjelaskan sejak pukul 14.00 Wib siang tadi bertempat di atas Bukit Taratak Pinggir Jalan Raya Taratak Kampung Ujuang Batu Ken Taluak Kec Bt Kapas telah terjadi kebakaran lahan Gambir dan lahan Kosong di bukit Taratak Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pessel.

Adapun jarak sumber Api dari bukit lahan Gambir dan lahan kosong yang terbakar dari jalan raya bukit pulai berjarak lebih kurang 30 Meter.

Dan akibat dari kebakaran lahan Gambir dan lahan kosong yang terjadi dikamp Ujuang Batu kenagarian Taluak Kecamatan Batang Kapas menghanguskan lebih kurang 10 hektar dan kerugian materil lebih kurang 20.000.000,- (dua pulu juta rupiah) dan dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Turun langsung Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.I.K,MH kelokasi kebakaran pukul 23.00 Wib. Didampingi Kasat Intelkam AKP Don Rinaldi, SH, Kasat Reskrim AKP Hendra Yose, SH, Kasat Sabhara IPTU Nofrianda, KBO Lantas IPTU Elfison, SH, serta Kapolsek Asma Derita dan Danramil 05 Batang Kapas Kapten Warsidi.

Kapolres Pessel, AKBP. Sri Wibowo. S.I.K,MH pada masyarakat dihimbau agar tidak membakar lahan sembarangan yang dapat menyebabkan kebakaran lahan yang lebih besar.

Lanjut Kapolres, pada pengendara juga dihimbua agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, yang juga dapat menyebabkan kebakaran.

” Kita masih lakukan investigasi dari kebakaran lahan gambir dan lahan kosong,” terang Kapolres Pessel.

Setelah hampir enam jam lebih,  ditambah medan menuju lokasi kebakaran diatas bukit membuat proses pemadaman api perlu ektra kerja keras dari anggota gabungan. Dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 Wib,Jumat (30//7/2021).

Penulis: TIMEditor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *