The Other Side Is Midnight At The Gisting Market

  • Bagikan

FAKTAHUKUM86.COM | TANGGAMUS -Waktu tengah malam bukanlah waktu yang sepi tanpa kegiatan ,atau waktu yang layak untuk kita buang ,atau sia sia kan .sebagian besar waktu ini adalah waktu yang terpakai untuk nyenyaknya tidur dan merajut mimpi indah .para peronda mulai mengetatkan penjagaan ,biasa nya ditandai dengan memukul kentungan sebanyak 12 kali ,atau menandakan pukul 24 malam.

Tetapi bagi beberapa orang ,waktu ini justru menjadi waktu yang ditunggu dan sangat dinantikan ,di waktu itu dijadikan waktu bermunajat kepada sang khalik .sholat malam kini dimulai ,doa doa mulai dipanjatkan ,tetesan air mata penuh penghibaan mengucur membasahi pipi dan alas duduk seorang hamba . ya waktu tengah malam adalah waktu yang sempurna untuk memulai aktifivitas ,disaat itu doa doa akan terkabul ,disaat itu orang yang berniat jahat pun mulai menyusun startegi dan menjalankan aksi nya .dan disaat tengah malam itu rata rata niat baik dan jahat sukses terlaksana .

 

Di Pasar Gisting Kabupaten Tanggamus ,lewat tengah malam adalah waktu memulai nya geliat usaha mencari nafkah ,karena kalo siang hari ,sepi layaknya seperti pasar lainnya yang ada di Kabupaten Tanggamus apalagi saat pandemi covid 19 sekarang ini .bahkan seorang pedagang menyampaikan terkadang seharian berjualan tanpa penglaris ,tidak ada yang laku satupun .

Tetapi itu tidak berlaku pada tengah malam ,waktu itulah Pasar Gisting justru menggeliatnya perekonomian yang sesungguhnya .petani sayur dari mana mana datang ,pengepul kecil dari pekon pekon sekitaran Kecamatan Gisting berdatangan ,pembelinya adalah pedagang antar kota dan bahkan pedagang dari pulau jawa ,mulai dari npedagang dari Kota Bandar Lampung ,Metro ,Palembang ,dan Pekan Baru ,begitu juga pedagang yang dari Kota Serang ,Kota Bogor dan Jakarta .

Mobil yang menghadap ke timur akan membawa dagangannya ke Bandar lampung dan pulau jawa ,begitu juga dengan mobil yang menghadap ke barat akan membawa barang dagangannya ke arah Krui dan Bengkulu.

Barang dagangan petani laris manis tengah malam dipasar gisting ,petani pulang menjelang sholat subuh dengan senyum puas berkat waktu tengah malam di Pasar Gisting .
Bagaimana dengan daerah mu ?. (AS)

Penulis: AHMAD SUKRI / KABIRO TANGGAMUS LAMPUNGEditor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *