Anggota Koramil 08/Batipuh memanfaatkan Tedmond Bekas Untuk Membudidaya Ikan Lele

  • Bagikan

FAKTAHUKUM86.COM|TANAH DATAR-Dengan memanfaatkan Tedmond yang tidak terpakai untuk memotivasi masyarakat diwilayah binaan seorang TNI yang berdinas di Koramil 08/BTP Kodim 0307/TD beternak 200 Ekor ikan lele.

Hal ini dilakukan oleh Koptu Afriyanto Asrin anggota Koramil 08/Batipuh laksanakan pemberian makan ikan lele milik sendiri di Jorong kubu kerambil Nagari Batipuh baruah. Selasa ( 02/07/2024 ).

Koptu Afriyanto Asrin mengatakan, berbagai cara dan usaha dilakukan TNI dalam memenuhi kebutuhan ketahanan pangan saat ini. Salah satunya dengan membudidayakan ikan lele.

Dengan memanfaatkan Tedmond tak terpakai milik warga setempat, sebutnya, prajurit TNI mampu melakukan sedikit inovasi membuat untuk budidaya benih ikan lele. Hasilnya akan disuplai ke beberapa tempat usaha di wilayah binaan.

Ini merupakan program yang di cetus oleh Dandim 0307/Tanah Datar Letkol inf Agus Priyo Pujo Sumedi, S.I.P., M.Han untuk memanfaatkan lahan kosong dan barang bekas yang ada demi mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, di awali oleh Koptu Asrin Ariyanto dengan pembuatan kolam ikan lele menggunakan Tedmond Bekas.,” kata Dandim.

Selain untuk ketahanan pangan, kata Dandim , progam ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk prajurit TNI dengan cara memanfaatkan waktu kosong agar lebih produktif.

“Kita selalu mengintruksikan kepada seluruh prajurit TNI dan bahkan masyarakat akan lebih produktif untuk memanfaatkan lahan kosong dan barang bekas yang ada. Kan lumayan juga bila lahan kosong tersebut bisa dimanfaatkan menjadi lahan bernilai ekonomis,” katanya.

Dandim juga berharap dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri ini, tidak hanya sebatas memelihara ikan saja, akan tetapi juga bisa dilakukan dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan bercocok tanam, berternak dan lain sebagainya.

“Kita juga berharap dengan apa yang kita lakukan Koptu Asrin Ariyanto dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Dan Alhamdulillah, masyarakat sekitar juga sudah ikut melakukan budidaya ikan lele di kolam ini,” harap Dandim

Selain itu, sebutnya, progam ini sangat bermanfaat bagi prajurit TNI dan masyarakat dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda-pemuda di desa setempat.Tutup Dandim. ( Pendim 0307/TD )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *